Bruno Ganz-nya Downfall meninggal pada usia 77 tahun

Aktor Bruno Ganz, yang memerankan Adolf Hitler di Downfall, telah meninggal pada usia 77 tahun. Bintang kelahiran Swiss ini telah membangun karir yang besar dan dihormati selama bertahun-tahun, bekerja di atas panggung, di televisi dan di film. Meskipun sebagian besar perannya terjadi di Eropa, giliran 2004 sebagai diktator Jerman Adolf Hitler dalam Downfall yang dinominasikan Oscar yang benar-benar membuatnya terkenal dengan audiensi di luar benua.

Setelah memulai karirnya pada tahun 1960 sebagai pemain teater, Ganz bekerja keras selama lebih dari dua dekade di atas panggung, tampil di Jerman, Austra dan Swiss sebelum diakui untuk karyanya pada tahun 1973 oleh majalah teater Jerman Theater Heute sebagai Aktor Tahun Ini. Karier film Ganz lepas landas segera sesudahnya dan dia menghabiskan beberapa dekade berikutnya bekerja dengan beberapa nama pembuat film terbesar dalam sejarah perfilman, seperti Werner Herzog, Eric Rohmer, Wim Wenders dan Francis Ford Coppola.

Berita sedih tentang meninggalnya Bruno Ganz, yang juga melaporkan bahwa bintang itu telah berjuang melawan kanker sejak tahun lalu. Ganz meninggal di rumahnya di Zurich dan ditinggalkan oleh putranya Daniel dan istrinya Sabine. Meskipun sakit, Ganz menolak untuk berhenti berakting dan mengambil peran sampai akhir, dengan peran berbahasa Inggris terakhirnya berada di sutradara Denmark yang kontroversial Lars Von Triers ‘The House That Jack Built, yang dirilis pada akhir 2018.

Peran Adolf Hitler dalam Downfall menjadi peran penting bagi Ganz, yang menghabiskan waktu empat bulan mempersiapkannya dengan menjelajahi catatan sejarah dan mendengarkan rekaman diktator yang diam-diam direkam. Hasil akhirnya mengerikan dan spektakuler, dipuji oleh banyak kritikus dan film sutradara Oliver Hirschbiegel tentang hari-hari terakhir Hitler menjadi sesuatu yang lebih dari sekadar biopik sejarah belaka.

Kadang-kadang selama karirnya yang panjang, sepertinya Ganz memiliki kegemaran khusus untuk peran yang meneliti sejarah Jerman selama era Nazi, hingga hari-hari terakhir pemerintahan Komunis dan seterusnya. Ganz membintangi beberapa mata-mata thriller bersejarah dalam bahasa Inggris dan Jerman, termasuk The Baader Meinhof Complex, The Reader, In Times of Fading Light dan sutradara Terrence Malick yang akan datang Radegund, tentang penentang hati nurani era Perang Dunia II.

Bahkan, itu adalah kemampuannya untuk membuat penonton tertarik tetapi waspada dengan karakter yang dimainkannya yang memberi Ganz keuntungan di layar. Bahkan cara dia bisa batuk sambil mengobrak-abrik dokumen lama – seperti yang dia lakukan di Jaume Collett-Sera’s Unknown – menambah bobot pada pengetahuan yang tak terucapkan yang dimiliki karakternya, Ernst, serta dampak fisik yang tampak padanya. Tepatnya kemampuan yang hati-hati dan tenang ini yang dikuasai Bruno Ganz, dan melalui itu ia bersyukur memberi dunia puluhan tahun pertunjukan memukau yang kuat untuk mencari dan mengunjungi lagi dan lagi.

Tag ,,,,,,,,,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *